Bakrie Power Kembangkan Sel Surya

Bakrie Power Kembangkan Sel Surya
Bakrie Power Kembangkan Sel Surya
JAKARTA – Bakrie Group terus mengembangkan sayap bisnisnya di sektor kelistrikan. Melalui PT Bakrie Power, kini mereka masuk ke bisnis panel surya atau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Presiden Direktur PT Bakrie Power Ali Herman Ibrahim mengatakan, untuk mengembangkan bisnis panel surya tersebut, pihaknya menggandeng perusahaan asal AS NanoPV. ''Kerjasama kami tandatangani 19 September lalu,'' ujarnya di Jakarta Senin 22/9).

 

Herman mengatakan, kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan teknologi sel surya silikon lapisan tipis. "Kerjasama ditujukan untuk mengembangkan teknologi unggul dalam menghasilkan sel surya yang lebih efisien dan bersaing di harga," katanya.

Menurut Herman, pengembangan sel surya juga bertujuan untuk memberikan solusi dalam mencari sumber energi alternatif, serta solusi dalam memenuhi kebutuhan listrik daerah terpencil dan tertinggal. ''Misalnya, di daerah kepulauan-kepulauan yang jauh,'' terangnya.   

Beberapa keunggulan menggunakan listrik tenaga surya, lanjut dia, adalah tidak membutuhkan jaringan transmisi, yang membutuhkan investasi mahal. Bebas polusi, fleksibel karena dapat dibangkitkan di mana saja selama ada matahari. Pemeliharaan juga mudah dan murah, bahkan bisa bertahan hingga 20-25 tahun. "Yang tidak kalah penting, listrik dari surya sel ini berpotensi menjadi energi yang sangat murah," tandasnya.

JAKARTA – Bakrie Group terus mengembangkan sayap bisnisnya di sektor kelistrikan. Melalui PT Bakrie Power, kini mereka masuk ke bisnis panel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News