Baku Tembak, Satu Pemberontak dan Satu Militer Thailand Tewas

Baku Tembak, Satu Pemberontak dan Satu Militer Thailand Tewas
Baku Tembak, Satu Pemberontak dan Satu Militer Thailand Tewas

jpnn.com - NARATHIWAT  - Thailand bagian selatan kembali memanas. Kamis (23/5) terjadi baku tembak antara kelompok militan dan militer dalam penggerebekan sebuah rumah di provinsi Narathiwat. Dua orang tewas dalam kejadian tersebut. Satu dari kelompok militan dan satu dari kubu militer.

Bagian selatan Thailand merupakan wilayah yang mayoritas muslim. Di sana memang kerap terjadi pemberontakan dan kini ada upaya damai dengan pemerintah. Otoritas Thailand sendiri sudah memerangi pemberontakan yang berlarut-larut sejak 2004.

Petinggi militer Thailand Kononel Pramote Promin kepada AFP mengatakan bahwa baku tembak yang terjadi Kamis dini di sebuah rumah di Distrik Choi Ai Rong  Provinsi Narathiwat itu bermula dari adanya informasi tentang adanya pertemuan kelompok militan di sana. sekitar 40 pasukan militer pun datang dan mengepung rumah tersebut.

Tak begitu lama pasukan pun meminta mereka menyerah namun kelompok itu tak menurutinya. Buntutnya terjadi saling serang.  "Salah satu anggota pasukan kami tewas dan anggota lainnya terluka. Sedangkan salah satu militan juga tewas dan dua orang lainnya ditangkap,” katanya.

Namun, lanjut dia, dua anggota pemberontak lainnya berhasil meloloskan diri. Konflik di Thailand selatan hingga saat ini sudah menewaskan lebih dari 5.500 orang. Mayoritas korban merupakan rakyat sipil, di provinsi yang terletak di selatan Thailand yang berbatasan dengan Malaysia.(mas/jpnn)


NARATHIWAT  - Thailand bagian selatan kembali memanas. Kamis (23/5) terjadi baku tembak antara kelompok militan dan militer dalam penggerebekan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News