JPNN.com

Bamsoet Ajak Wanita FKPPI Terapkan Nilai-nilai Pancasila di Semua Aspek Kehidupan

Sabtu, 17 Oktober 2020 – 14:20 WIB
Bamsoet Ajak Wanita FKPPI Terapkan Nilai-nilai Pancasila di Semua Aspek Kehidupan - JPNN.com
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat mengisi Webinar Aktualisasi Pancasila di Era Disrupsi 4.0 secara virtual dari di Jakarta, Sabtu, (17/10).

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memandang bahwa modernitas memberi peluang dan kesempatan bagi kaum perempuan untuk duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan kaum pria.

Momentum ini menurutnya dapat dioptimalkan kaum wanita untuk berperan aktif sebagai subjek pembangunan. Dan patut disyukuri, berdasarkan data BPS pada periode 2010 hingga 2019, indeks pembangunan manusia Indonesia dari perspektif gender terus menunjukkan tren positif.

 

Jika pada tahun 2018 Indeks Pembangunan Gender (IPG) berada di angka 90,99 (dari skala 0 – 100), maka pada tahun 2019, IPG Indonesia tercatat pada level 91,07. Hal itu menunjukkan semakin menipisnya kesenjangan pembangunan antara laki-laki dan perempuan.

"Diyakini tren positif peningkatan IPG ini akan terus berlanjut seiring perkembangan kehidupan demokrasi dan peningkatan kedewasaan politik rakyat," kata Bamsoet saat mengisi Webinar Aktualisasi Pancasila di Era Disrupsi 4.0 yang diselenggarakan Pengurus Daerah Wanita FKPPI Jawa Timur secara virtual di Jakarta, Sabtu, (17/10).

 

Karena itu kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menekankan bahwa perkembangan zaman adalah sebuah keniscayaan yang tidak mungkin dihindari. Seiring perjalanan waktu, tatanan kehidupan akan terus mengalami pergeseran dan perubahan, melahirkan paradigma baru pada berbagai aspek kehidupan.

Rangkaian momentum sejarah juga akan melahirkan ragam peradaban dan membentuk periodisasi zaman. Di mana pada setiap periodisasi zaman akan menghadirkan tantangan yang terus berkembang secara dinamis.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra