Bamsoet Apresiasi Peran Penting Pemerintah di Berbagai Forum Internasional

Bamsoet Apresiasi Peran Penting Pemerintah di Berbagai Forum Internasional
Ketua MPR Bambang Soesatyo menuturkan bangsa Indonesia patut bersyukur bahwa dalam beberapa tahun terakhira mengalami kemajuan dalam membangun demokrasi. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo menuturkan bangsa Indonesia patut bersyukur bahwa dalam beberapa tahun terakhir mengalami kemajuan dalam membangun demokrasi.

Beberapa indikatornya terlihat dari penyelenggaraan pemilu yang seiring waktu semakin transparan.

Proses Pemilu bisa diawasi oleh berbagai pihak, termasuk lembaga pengawas pemilu, organisasi masyarakat sipil, dan lembaga swadaya masyarakat.

Indikator lainnya adalah kebebasan pers dan media yang juga semakin meningkat. Terutama dengan hadirnya platform media sosial yang memungkinkan akses informasi menjadi lebih luas dan cepat.

"Hasil survei Dewan Pers yang melibatkan 340 informan ahli dan 10 anggota penyelia nasional (national assessment council), mencatat indeks kebebasan pers Indonesia dalam kurun waktu lima tahun terakhir selalu mengalami peningkatan," ujar Bamsoet dalam acara Advanced Training LK3 Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Jawa Barat, secara virtual, Senin (12/3).

Ketua DPR ke-20 itu menjelaskan, dalam konteks kehidupan komunitas global, Indonesia memiliki peran penting dan strategis dalam mempromosikan nilai-nilai demokrasi pada berbagai forum, mulai dari ASEAN, APEC, G-20, dan PBB.

Di ASEAN, peran penting Indonesia dalam bidang ekonomi dan keamanan juga sangat besar, mengingat posisi tanah air sebagai salah satu negara pendiri dan stabilisator kawasan.

Indonesia juga beberapa kali mendapatkan kepercayaan menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menuturkan bangsa Indonesia patut bersyukur bahwa dalam beberapa tahun terakhira mengalami kemajuan dalam membangun demokrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News