Bamsoet Dorong Pelaku UMKM Kerajinan Logam Pasarkan Karyanya Lewat Platform Digital.

Bamsoet Dorong Pelaku UMKM Kerajinan Logam Pasarkan Karyanya Lewat Platform Digital.
Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet saat mengunjungi Cakra Bronze Statue and Silver, salah satu UMKM Kerajinan Logam di kawasan Tohpati, Denpasar, Bali, Kamis (20/4). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, DENPASAR - Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung kiprah para pelaku UMKM kerajinan logam yang memproduksi berbagai patung dan aksesoris dari perak, perunggu, aluminium, tembaga, kuningan, serta menjual barang-barang antik yang berada di kawasan Tohpati Jalan WR Supratman, Denpasar, Bali.

Menurutnya, keberadaan para pelaku UMKM tersebut tidak hanya menarik untuk turis domestik, produk kesenian dan kerajinan logam mereka juga mampu menembus pasar ekspor ke Perancis, Australia, Amerika Serikat, India hingga Timur Tengah.

"Keberadaan mereka selain membuktikan tangan-tangan anak bangsa sangat handal dalam melahirkan karya seni, juga telah menjadi tulang punggung perekonomian nasional dan Bali," kata Bamsoet yang akrab disapa seusai mengunjungi Cakra Bronze Statue and Silver, salah satu UMKM Kerajinan Logam di kawasan Tohpati, Denpasar, Bali, Kamis (20/4).

Ketua ke-20 DPR menyampaikan para pelaku kerajinan logam di Bali sangat piawai menghasilkan berbagai karya.

Misalnya, patung perunggu berbentuk aneka jenis binatang hingga kap lampu yang terbuat dari plat logam.

Bamsoet menyebutkan secara umum pada 2020 lalu saja, produk kerajinan mendominasi ekspor Bali mencapai USD 139 juta atau 54,26 persen.

"Produk kerajinan kayu memberi sumbangan paling besar, disusul produk kerajinan logam. Data lain dari Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia mencatat, rata-rata sumbangan ekspor kerajinan logam Bali mencapai USD 6,8 juta," beber Bamsoet.

Waketum Partai Golkar itu juga mendorong pelaku usaha kerajinan logam untuk memasarkan hasil karyanya melalui berbagai platform digital.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet mendorong pelaku UMKM kerajinan logam manfaatkan platform digital untuk memasarkan hasil karyanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News