Bamsoet Dorong Peningkatan Kerja Sama Bilateral Indonesia-Korea Selatan

Bamsoet Dorong Peningkatan Kerja Sama Bilateral Indonesia-Korea Selatan
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menekankan walaupun Indonesia akan menghadapi Pemilu 2024. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menekankan walaupun Indonesia akan menghadapi Pemilu 2024, tetapi kondusifitas bangsa tetap akan terpelihara dengan baik.

Sehingga investor, khususnya dari Korea, tidak perlu khawatir. Terlebih memasuki perjalanan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Korea-Indonesia, masih banyak potensi kerja sama yang bisa ditingkatkan pada berbagai bidang.

Misalnya pada sektor otomotif, mengingat pengembangan kendaraan listrik dan ekosistemnya telah menjadi tren global.

Sebagai produsen nikel terbesar di dunia, Indonesia memiliki peran penting dalam pembangunan industri baterai kendaraan listrik.

Sepanjang periode 2019 hingga 2023, untuk sektor di luar minyak, gas dan keuangan, realisasi investasi Korea di Indonesia yang paling besar sekitar 20 persen adalah pada industri otomotif.

"Diperlihatkan oleh konsorsium Hyundai yang menjalin kerja sama dengan PT Industri Baterai Indonesia untuk membangun pabrik sel baterai kendaraan listrik dengan nilai investasi sekitar 1,1 miliar US dollar," ujar Bamsoet dalam Forum Kerja sama Ekonomi Korea Indonesia, Together for The Future K-Wave and I-Wave, diselenggarakan Herald Media Group Korea, dalam rangka Memperingati 50 Tahun Hubungan Diplomatik Korea Indonesia, di Jakarta, Kamis (30/11).

Dia menambahkan pembangunan pabrik baterai mobil listrik konsorsium LG Energy Solution senilai 9,8 miliar US dollar US berada di kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.

Menurut dia, PT Tae Hang Indonesia sebagai bagian dari Taehwa Enterprise Co Ltd Korea dengan PT BDER Ventures Indonesia mengembangkan, memproduksi, dan menjual sepeda motor listrik produksi Indonesia, E-MOA (Elektrik Motor Aku).

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menekankan walaupun Indonesia akan menghadapi Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News