Bamsoet Jadi Ketua, Citra DPR Kian Moncer

Bamsoet Jadi Ketua, Citra DPR Kian Moncer
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat menyampaikan pidato pembukaan Masa Sidang V 2017-2018 pada Rapat Paripurna DPR, Jumat (18/5/2018). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang sering jadi cibiran ternyata makin mendapat tempat di benak masyarakat. Perlahan, citra lembaga para wakil rakyat itu meningkat seiring perbaikan kinerja dalam menyerap aspirasi, legislasi dan transparansi.

Merujuk survei Charta Politika terhadap 800 partisipan di delapan kota besar di Indonesia, ada 34,8 responden yang menganggap DPR memiliki kinerja terbaik dibandingkan DPD dan MPR. Bahkan, sebanyak 44,8 persen responden menilai para anggota DPR 2014-2019 telah bekerja secara optimal dalam mengawasi pemerintahan saat ini.

“Saya rasa, dari angka tersebut dapat disimpulkan kalau sikap DPR sudah lebih terbuka pada rakyat. Makanya, rakyat bisa memberikan penilaian seperti itu,” ujar Manajer Riset Charta Politika Muslimin Tanja

Keterbukaan tersebut juga terlihat pada pendapat 38,8 persen responden menganggap DPR sekarang sudah lebih terbuka ketimbang periode sebelumnya. Ditambah lagi, sekarang ini rakyat jauh lebih mudah berkumunikasi dengan wakilnya di legislatif melalui sarana teknologi informasi.

Muslimin mencontohkan akun @WikiDPR di Twitter yang bisa menjadi salah satu alat untuk memantau para wakil rakyat. Selain itu, kini media online juga menjamur sehingga memberikan kemudahan bagi para anggota DPR untuk menyalurkan informasi pada masyakarat.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan, kata Muslimin, peningkatan citra DPR di mata publik terkait dengan Bambang Soesatyo yang kini memimpin lembaga legislatif itu. Bamsoet -panggilan bekennya- menjadi ketua DPR menggantikan Setya Novanto. 

Resmi memimpin DPR pada Januari 2018, Bamsoet bisa dibilang cukup sering disorot media. Publik pun cukup familiar dengan nama politikus Golkar itu.

Merujuk survei Charta Politika, ada 26,5 persen responden yang menjawab secara benar ketika ditanya tentang nama ketua DPR sekarang.  Di bawah kepemimpinan Bamsoet, citra DPR pun mengalami perbaikan.

Kepemimpinan Bambang Soesatyo di DPR ikut mengangkat citra lembaga perwakilan itu menjadi semakin baik seiring peningkatan kinerja dan transparansi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News