Bamsoet: DPR Pasang Telinga dan Tajam Mata Awasi Pemerintah

Bamsoet: DPR Pasang Telinga dan Tajam Mata Awasi Pemerintah
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengaku surprise atas hasil survei yang menempatkan kepercayaan publik terhadap parlemen mengalami peningkatan. Namun politikus Partai Golkar yang karib disapa Bamsoet, itu mengaku tantangan DPR ke depan masih sangat banyak.

"Jadi saya agak surprise bahwa hasil survei ini DPR tampak bisa naik kelas ya, walaupun masih banyak tantangan yang harus diselesaikan," kata Bamsoet saat menghadiri rilis survei bertajuk "DPR Terima Rapor", Selasa (28/8), di Penang Bistro, Jakarta.

Seperti diketahui, Charta Politika dan Asumsi merilis hasil survei yang bertajuk “DPR Terima Rapor”, Selasa (28/8). Manajer riset Charta Politika, Muslimin Tanja mengungkapkan terjadi peningkatan kepercayaan publik atas DPR.

Bila di berbagai survei sebelumnya disebutkan berada di peringkat terakhir, kali ini DPR berhasil meraih kepercayaan tinggi masyarakat dengan angka 49,3 persen. Peringkat ini hanya berada di bawah TNI (73,5 persen), KPK (73,4 persen), presiden (68,6 persen) dan Polri (50,4 persen).

Dari phone survei yang dilakukan terhadap 800 responden di delapan kota besar tersebut, kepercayaan masyarakat terhadap DPR lebih tinggi dibanding partai politik yang berada di angka 45,8 persen.

Survei ini juga memperlihatkan fungsi DPR yang paling diingat adalah legislasi dengan angka 53,5, persen, disusul anggaran 20,8 persen dan pengawasan 17,5 persen.

Namun masyarakat justru melihat fungsi pengawasan yang paling maksimal dilakukan oleh DPR dengan angka 44,8 persen, disusul legislasi 20,3 persen, dan anggaran 17,4 persen. Sementara sisanya dengan angka 17,5 persen menjawab tidak tahu.

Terkait kinerja masing-masing bidang, Komisi III DPR dipercaya publik paling menunjukkan kinerja dengan capaian angka berkisar 37 persen, disusul Komisi VIII DPR 35,8 persen, dan Komisi I DPR 27,3 persen. Komisi VII DPR menjadi komisi yang dianggap paling minim kinerja dengan angka hanya 14 persen.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengaku surprise atas hasil survei yang menempatkan kepercayaan publik terhadap parlemen mengalami peningkatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News