Bamsoet: Kita Jadi Kelinci Percobaan Demokrasi

Bamsoet: Kita Jadi Kelinci Percobaan Demokrasi
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, AMBON - Ketua DPR Bambang Soesatyo berharap Pilkada Serentak 2018 berjalan baik dan kondusif. Termasuk di Provinsi Maluku.

Ini disampaikan politikus yang beken disapa dengan panggilan Bamsoet, dalam diskusi bertajuk "Sinergi DPR RI, Pemerintah RI, Pemkot Ambon dan Wartawan Parlemen" di Kota Ambon, Sabtu (17/3).

"Jelang pilkada, kita harus menjaga situasi yang kondusif. Tahun depan pemilu serentak. Kita menjadi kelinci percobaan demokrasi sebenarnya, karena risikonya sangat tinggi," ucap Bamsoet.

Mantan ketua komisi III DPR itu menilai keputusan bersama melaksanakan pilkada maupun pemilu serentak, sebuah pilihan yang tergolong berani karena risikonya yang tinggi.

"Gak banyak negara yang berani melaksanakan serentak. Ini sebetulnya kita sedang coba-coba, mudah-mudahan bisa terlaksana dengan baik," harapnya.

Secara teknis pun, tambahnya, pelaksanaan pemilu serentak nantinya juga sulit bagi pemilih. Sebab, rakyat tidak hanya akan memilih kepala daerah dan DPRD tingkat I dan II, tapi juga DPR RI, DPD RI, dan presiden. Sehingga bisa dibayangkan kesulitannya di bilik suara ketika pencoblosan.(fat/boy/jpnn)

 


Ketua DPR Bambang Soesatyo mengajak untuk menjaga situasi yang kondusif menjelang Pilkada serentak 2018.


Redaktur : Boy
Reporter : Boy, M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News