Bamsoet Membuka Indonesia Internasional Motor Show Virtual 2021 Fase II

Bamsoet Membuka Indonesia Internasional Motor Show Virtual 2021 Fase II
Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Virtual 2021 Fase II. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Virtual 2021 Fase II.

Menurut Bamsoet, pameran ini sebagai kelanjutan dan penyempurnaan dari IIMS Virtual Fase I yang diselenggarakan pada 18-28 Februari 2021.

Bamsoet menjelaskan ajang IIMS Virtual Fase II ini merupakan bagian dari adaptasi dan inovasi untuk tetap mendorong geliat industri otomotif dan menggerakkan perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19.

Meskipun diselenggarakan secara virtual, tidak berarti menjadi hambatan dalam proses transaksi. Dibuktikan pada pameran IIMS Fase I pada bulan Februari kemarin, yang berhasil membukukan transaksi hingga Rp 14 miliar,” ujar Bamsoet saat membuka pameran IIMS Virtual 2021 Fase II di Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini memaparkan, data wholesale penjualan mobil baru selama periode tahun 2020 hanya tercatat sebanyak 532.027 unit. Turun 48,3 persen dari capaian tahun 2019 yang mencatatkan angka penjualan sebanyak 1.030.126 unit.

“Hal serupa dialami industri sepeda motor. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada periode Januari hingga Desember 2020, mencatat penjualan sepeda motor mencapai 3.660.616 unit. Turun 43,57 persen dari penjualan tahun sebelumnya, sebanyak 6.487.460 unit,” papar Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini menjelaskan, penurunan penjualan kendaraan bermotor tersebut berdampak pada seluruh ekosistem yang menopang industri otomotif. Mulai dari bahan baku dan suku cadang kendaraan, aksesoris, komponen yang disediakan oleh industri kecil dan menengah, hingga lembaga pembiayaan (leasing). Khusus penjualan suku cadang kendaraan, pada tahun 2020 juga mengalami penurunan hingga 23 persen.

Menurut Bamsoet, untuk meningkatkan daya beli masyarakat, Presiden Jokowi mengeluarkan stimulus melalui relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) dan pemberlakuan uang muka 0 persen untuk kendaraan bermotor dengan spesifikasi tertentu.

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Virtual 2021 Fase II.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News