Bamsoet Minta Anggota MPR yang Baru Dilantik Langsung Tancap Gas

Bamsoet Minta Anggota MPR yang Baru Dilantik Langsung Tancap Gas
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyaksikan Anggota MPR yang baru dilantik menandatangani berita acara pelantikan, Jumat (22/10). Dua Anggota MPR dari Kelompok DPD yang baru dilantik melalui PAW, yaitu Ikbal Djabaid (Dapil Maluku Utara dan Nanang Sulaiman (Dapil Kaltim). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak seluruh anggota lembaga yang dipimpinnya, terutama yang baru dilantik menjadi anggota MPR, untuk ikut berpartisipasi dalam kajian terhadap substansi dan bentuk hukum Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Hal itu disampaikan Bamsoet usai pelantikan Anggota MPR Pengganti Antar Waktu (PAW), yaitu Ikbal Djabaid dari Kelompok DPD Dapil Maluku Utara dan Nanang Sulaiman dari Kelompok DPD Dapil Kalimantan Timur, di Komplek Majelis, Jumat (22/10).

"Pikiran-pikiran yang bernas dari Saudara dapat disampaikan kepada perwakilan kelompok DPD yang menjadi Anggota Badan Pengkajian MPR," harap Bamsoet.

Kepala Badan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia itu mengingatkan seluruh anggota MPR memiliki kewajiban untuk melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR kepada seluruh lapisan masyarakat.

Untuk itu, Bamsoet mengharapkan sosialisasi tersebut dilaksanakan secara sungguh-sungguh untuk membumikan nilai-nilai Empat Pilar MPR di tengah-tengah masyarakat demi mewujudkan karakter masyarakat dan sistem sosial yang berakar pada nilai-nilai yang dimiliki bangsa Indonesia sendiri, yang bersifat khas, unik, modern, dan unggul.

"Jati diri bangsa tersebut merupakan sintesis yang positif antara nilai-nilai luhur bangsa, seperti nilai religius, kebersamaan dan persatuan, toleransi, serta nilai modern yang universal yang mencakup etos kerja dan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, jujur, dan profesional," ujarnya.

Bamsoet juga mengingatkan setiap anggota MPR harus bisa berkreasi mengembangkan metode sosialisasi agar nilai-nilai Empat Pilar MPR bukan sekedar bahan untuk dihafal atau dimengerti saja, melainkan juga perlu diterima dan dihayati, dipraktikkan sebagai kebiasaan, bahkan dijadikan sifat yang menetap pada diri orang Indonesia. (mrk/jpnn)


Ketua MPR Bambang Soesatyo mengingatkan kepada seluruh anggota MPR, termasuk yang baru dilantik, tentang kewajiban yang harus segera dilaksanakan.


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News