Bamsoet: Negara Jangan Minimalis Hadapi Teror

Bamsoet: Negara Jangan Minimalis Hadapi Teror
Bambang Soesatyo. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Brutalitas pelaku teror bom akhir-akhir ini tidak bisa ditoleransi lagi. Apalagi dilakukan beberapa jam sebelum masyarakat merayakan hari besar keagamaan. 

Karena itu segenap aparatur keamanan negara perlu meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan‎. "Ledakan bom di Solo tentu saja mengejutkan, karena waktu kejadiannya bertepatan dengan memuncaknya keprihatinan masyarakat Indonesia  atas peristiwa serupa yang terjadi Arab Saudi," ujar Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, Selasa (5/7).

Menurut politikus Partai Golkar tersebut, ‎kebrutalan pelaku teror bom mau tak mau harus disikapi dengan kebijakan serta langkah-langkah anti-teror yang luar biasa. Negara tidak boleh lagi memberi toleransi kepada siapa saja yang terindikasi sebagai pelaku teror. 

"Negara tidak boleh minimalis ketika masyarakat terancam oleh para pelaku teror. Sebaliknya, negara harus bertindak ekstra keras dan lugas terhadap kelompok-kelompok yang terindikasi akan melakukan serangan," ujarnya.

Untuk meningkatkan kesigapan merespons kebrutalan pelaku teror, pria yang akrab disapa Bamsoet ini menilai Polri, TNI, BIN dan BNPT harus diberi kewenangan dan keleluasaan yang  proporsional. Sesuai dengan potensi ancaman saat ini. 

"Sementara untuk mengindetifikasi, serta memonitor pergerakan pelaku teror dari berbagai negara, Komisi III DPR menyarankan pemerintah meningkatkan kerja sama dengan sejumlah negara terkait," ujar Bamsoet.(gir/jpnn)


JAKARTA - Brutalitas pelaku teror bom akhir-akhir ini tidak bisa ditoleransi lagi. Apalagi dilakukan beberapa jam sebelum masyarakat merayakan hari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News