Bamsoet Optimistis Herd Immunity Bisa Tercapai Tahun Ini

Bamsoet Optimistis Herd Immunity Bisa Tercapai Tahun Ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat bertemu Wapres KH Ma'ruf Amin di Jakarta, Rabu (4/8). Foto: humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung penuh upaya pemerintah mempercepat vaksinasi untuk mewujudkan kekebalan komunitas atau herd immunity guna melawan penularan virus Corona.

Pemerintah juga terus berupaya meyakinkan masyarakat bahwa vaksin efektif untuk mengurangi tingkat keparahan ketika seseorang terpapar Covid-19.

Bamsoet juga sudah mendapat penjelasan soal strategi penanganan Covid-19 saat bertemu Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Selasa (3/8) kemarin. Sebelumnya, dia juga bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (28/7).

"Saya sangat mendukung apa yang telah dikerjakan pemerintah dalam penanganan Covid-19. Arah dan kebijakan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi sangat jelas," ucap Bamsoet di Jakarta, Kamis (5/8).

Wakil ketua umum Partai Golkar itu memuji kebijakan gas dan rem yang selalu dikedepankan oleh Presiden Jokowi dalam menangani pandemi Covid-19.

"Tentunya kita harus mengerti bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama, tetapi juga masyarakat tidak kehilangan mata pencahariannya. Saya rasa sudah sangat pas, kebijakan gas dan rem untuk situasi di tanah air," ucapnya.
 
Bamsoet menjelaskan, MPR RI juga mendukung kebijakan pemerintah yang terus memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat, baik yang terpapar ataupun terdampak pandemi covid-19.

Diketahui, pemerintah telah menyiapkan Rp 203,9 triliun untuk program perlindungan sosial dan Rp 1,3 triliun untuk insentif perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Pemerintah juga menyiapkan paket bantuan vitamin dan obat bagi pasien isolasi mandiri di berbagai wilayah berisiko tinggi di Jawa dan Bali. Tahap awal, disiapkan 300 ribu paket. Ada tiga jenis paket obat isolasi mandiri yang dibagikan, masing-masing untuk tujuh hari.
 
Mantan ketua DPR itu juga mendapat penjelasan dari Wapres Ma'ruf Amin soal kendala terhambatnya vaksinasi Covid-19 akibat ketakutan warga melakukan tes usap sebelum vaksinasi untuk memastikan tidak positif sebelum divaksin.
 
Bamsoet menyatakan terpapar Covid-19 itu bukanlah aib. Oleh karena itu, dia mewanti-wanti masyarakat jangan mencap negatif warga di sekitarnya yang terjangkiti virus Corona.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 agar kekebalan komunitas bisa segera dicapai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News