Bamsoet: Puteri Indonesia Jangan Hanya Andalkan Kecantikan Fisik

Bamsoet: Puteri Indonesia Jangan Hanya Andalkan Kecantikan Fisik
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (tengah) usai menjadi juri babak penyisihan finalis Puteri Indonesia 2019 di Jakarta, Selasa (05/03). Foto: DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta para finalis ajang Puteri Indonesia 2019 tidak hanya mengandalkan kecantikan fisik.

Dia meminta para finalis harus mampu membuktikan bahwa mereka memiliki tingkat intelegensi yang tinggi, kesantunan perilaku, serta rasa nasionalisme yang kuat.

"Mengambil tema Satu Indonesia, Puteri Indonesia 2019 membawa pesan kuat bahwa kecantikan Indonesia terletak dari persatuan dan kesatuan bangsa. Senyum yang tersungging dari bibir mereka menggambarkan betapa indahnya jika bangsa Indonesia bersatu padu dalam perdamaian. Tak saling hujat, caci maki, atau menjatuhkan, seperti yang saat ini banyak kita lihat di media sosial," ujar Bamsoet usai menjadi juri babak penyisihan finalis Puteri Indonesia 2019 di Jakarta, Selasa (05/03).

Mewawancarai 39 finalis Puteri Indonesia 2019, kepala Badan Bela Negara FKPPI tak hanya menggali sejauh mana ilmu pengetahuan yang dimiliki para finalis, tetapi juga menggali seberapa kuat rasa solidaritas kebangsaan mereka.

Ini penting karena kelak para finalis akan menjadi teladan di masyarakat, khususnya di kalangan kaum perempuan.

"Walaupun di malam grand final nanti hanya akan terpilih satu orang yang mengenakan mahkota Puteri Indonesia, tetapi ke-39 finalis dari 34 provinsi di Indonesia ini sudah menjadi pemenang bagi masing-masing daerah yang diwakilinya. Perjalanan jauh yang sudah mereka tempuh sejak di karantina sampai dengan acara puncak Grand Final nanti, membuktikan bahwa mereka adalah wanita Indonesia yang luar biasa," tutur Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini mengaku kagum menyaksikan ke-39 para finalis Puteri Indonesia menjawab berbagai pertanyaan dari para dewan juri. Tak hanya itu, para finalis yang berasal dari 34 provinsi ini juga telah menjadi duta masing-masing daerahnya.

Dari merekalah masyarakat Indonesia bisa mengetahui tentang keanekaragaman seni, budaya dan berbagai potensi yang ada di berbagai daerah Indonesia.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta para finalis ajang Puteri Indonesia 2019 tidak hanya mengandalkan kecantikan fisik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News