Bamsoet Serukan Bela Negara Lawan COVID-19 dengan Jaga Kesehatan

Bamsoet Serukan Bela Negara Lawan COVID-19 dengan Jaga Kesehatan
Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Foto: Humas DPR RI

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali memfasilitasi pemeriksaan rapid test bagi kalangan masyarakat untuk mendeteksi dini virus corona atau COVID-19.

Setelah sebelumnya kepada pegawai dan staf serta wartawan di lingkungan kerja MPR, kini tes dilakukan kepada anggota beberapa organisasi kemasyatakatan (ormas) seperti Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (Gerak BS).

Menurut dia, upaya rapid test ini tidak lain bertujuan membantu pemerintah meminimalisir penyebaran sekaligus jatuhnya korban akibat terpapar COVID-19. Dia mengatakan, seandainya ditemukan hasil positif dalam pemeriksaan, akan segera dilaporkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, serta berbagai pihak terkait untuk diambil tindakan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

“Alhamdullilah dari berbagai tes yang dilakukan, tidak ada yang positif terkena virus COVID-19,” kata Bamsoet di Jakarta, Senin (6/4).

Namun demikian, kepala Badan Bela Negara FKPPI ini mengingatkan kepada mereka yang telah mendapatkan hasil negatif, tidak boleh berpuas diri dan bisa seenaknya berlalu lalang. Mengingat potensi penyebaran virusnya masih masif dan pemerintah masih menetapkan kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSSB).

Menurutnya, rapid test merupakan langkah awal untuk menjaring siapa saja yang memiliki indikasi terpapar COVID-19. Hasil negatif dari rapid test bukan berarti menunjukan ke depannya orang tersebut tidak bisa positif. “Karenanya, menjaga kesehatan diri dan lingkungan serta menerapkan physical distancing tetap penting dilakukan," ujar Bamsoet.

Wakil ketua umum Pemuda Pancasila ini meminta kepada siapa pun jangan terlalu panik menghadapi virus COVID-19. Namun demikian, ujar dia, juga jangan menganggap remeh penyebarannya. Karena itu, Bamsoet berujar, langkah pemerintah yang mewajibkan siapa pun yang keluar rumah memakai masker harus didukung seluruh warga.

Menurut dia, memakai masker memang terlihat sepele. Namun, efeknya sangat besar untuk mengadang penyebaran COVID-19.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali memfasilitasi pemeriksaan rapid test bagi kalangan masyarakat untuk mendeteksi dini virus corona atau COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News