Bandara Dabo Singkep Mulai Layani Penerbangan Komersil

Bandara Dabo Singkep Mulai Layani Penerbangan Komersil
Beberapa pesawat sedang terparkir. Foto Ilustrasi/jpnn.com

jpnn.com, RIAU - Bandar Udara Dabo Singkep hari ini mulai melayani penerbangan reguler perdana maskapai Express Air dengan rute Batam-Dabo menggunakan pesawat tipe Dornier 328 berkapasitas 30 seat.

Maskapai Express Air akan melayani rute Batam-Dabo PP tiga kali seminggu, yaitu pada Senin, Rabu dan Jumat.

Kepala Bandara Dabo Andy Hendra Suryaka menjelaskan, Express Air yang hari ini telah memulai penerbangannya secara reguler menerbangi rute Batam-Dabo-Batam dengan jam keberangkatan dari Batam.

"Pagi tadi, pesawat Dornier yang dioperasikan Express Air mendarat dengan selamat dan lancar di Bandara Dabo sekitar pukul 08.02 WIB, setelah itu pesawat kembali ke Batam sekitar pukul 08.50 WIB," ujar Andy.

Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Dabo yang juga membawahi membawahi Satpel Bandara Letung Anambas, Bandara Ranai Natuna dan Bandara Tambelan Bintan yang saat ini masih dalam tahap pembangunan, merupakan Koordinator Wilayah penerbangan perintis di Kepulauan Riau.

Dalam kurun waktu dua tahun bandara ini melayani beberapa rute yang diterbangi pesawat perintis yaitu Wings Air masing-masing melayani rute Jambi - Kerinci, Japura Rengat - Batam, Batam - Letung dan teranyar rute Dabo - Batam yang dilayani maskapai Express Air yang kini telah menjadi penerbangan komersil.

Andy juga menjelaskan bahwa Bandar Udara Dabo yang terletak di Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau sangat bermaanfaat untuk mobilisasi orang dan barang mengingat kondisi geografisnya yang di kelilingi oleh lautan.

"Moda transportasi udara menjadi alternatif menarik untuk mobilisasi orang dan barang karena lebih cepat sehingga bisa memangkas waktu perjalanan dari dan menuju Singkep. Dengan adanya penerbangan komersil diharapkan bisa mendukung kelancaran distribusi logistik ke Singkep dan membawa hasil bumi dari Singkep yang terkenal subur," tutur Andy.(chi/jpnn)


Bandara Dabo sangat bermaanfaat untuk mobilisasi orang dan barang mengingat kondisi geografisnya yang di kelilingi oleh lautan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News