Bandara Jenderal Besar Soedirman Ditargetkan Selesai 2019

Bandara Jenderal Besar Soedirman Ditargetkan Selesai 2019
Presiden Joko Widodo melihat maket pengembangan Bandara Jenderal Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (23/4). Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan

jpnn.com, PURBALINGGA - Pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman ditargetkan rampung akhir 2019.

Dengan pembangunan bandara ini nantinya akan meningkatkan konektivitas di Jawa Tengah bagian barat, khususnya kabupaten Purbalingga.

Pemerintah telah berkomitmen bisa menyelesaikan bandara ini dalam waktu 1,5 tahun. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bandara JB Soedirman memiliki luas 125 hektar.

Lahannya berasal dari TNI AU 115 hektar dan 10 hektar dari Pemerintah Daerah. Untuk runway tahap pertama akan diselesaikan sepanjang 1.600 meter dan tahap kedua sepanjang 2.500 meter. Untuk terminal penumpang seluas 3.000 meter persegi yang bisa menampung 300 ribu penumpang per tahun.

“Untuk perpanjangan hingga 2.500 meter, mungkin dua tahun setelah tahap pertama selesai,” ujar Budi.

Nantinya, pembangunan dan pengelolaan bandara ini akan diserahkan kepada PT Angkasa Pura II. Menurut Budi saat ini sudah ada maskapai yang menyatakan minat ke bandara ini.

“Banyak yang minat dari Citilink, Lion Air dan Sriwijaya. Dengan runway 1.600 meter pesawat yang digunakan adalah ATR,” jelasnya.(chi/jpnn)

Pemerintah telah berkomitmen bisa menyelesaikan Bandara Jenderal Besar Soedirman dalam waktu 1,5 tahun.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News