JPNN.com

Jokowi Resmikan Pengembangan Bandara Soedirman Purbalingga

Senin, 23 April 2018 – 15:39 WIB Jokowi Resmikan Pengembangan Bandara Soedirman Purbalingga - JPNN.com

jpnn.com, PURBALINGGA - Pemerintah memulai pengembangan Bandara Jenderal Besar Soedirman seluas 115 hektare di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Presiden Joko Widodo meresmikan proyek pengembangan bandara yang sebelumnya bernama Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Wirasaba itu Senin (23/4).

"Di Jawa Tengah bagian selatan dan barat ini tidak ada bandara yang memadai untuk masyarakat. Oleh sebab itu, hari ini sudah dimulai pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga seluas 115 hektare," kata Presiden Joko Widodo saat meninjau bandara tersebut, Senin (23/4).

Pada tahap pertama pengembangan, Bandara Jenderal Besar Soedirman akan dilengkapi dengan runway sepanjang 1.600 meter. Runway yang ada saat ini masih berupa rumput sepanjang 850 meter.

Panjang landasan pacu akan ditambah pada tahap kedua hingga sepanjang 2.500 meter. Pengembangan Bandara Jenderal Soedirman juga ditunjang dengan pembangunan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

Jokowi Resmikan Pengembangan Bandara Soedirman Purbalingga
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko saat meninjau landasan pacu Lanud Wirasaba di Purbalingga yang akan dikembangkan menjadi Bandara Jenderal Soedirman.

"Dengan terminal seluas 3.000 meter persegi akan bisa menampung kurang lebih 300 ribu penumpang dalam setahun. Kita harapkan bandara ini akan selesai akhir tahun 2019, insyaallah," ujar Jokowi.

Jika kelak beroperasi, Bandara Jenderal Soedirman tidak hanya bisa digunakan masyarakat di Kabupaten Purbalingga, tapi juga dari daerah sekitarnya. Antara lain Banjarnegara, Kebumen, Banyumas, Pemalang, Brebes, Tegal, Kota Tegal dan Wonosobo.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...