Bandara KAA Padat, Pemulangan Jemaah Tertunda

Bandara KAA Padat, Pemulangan Jemaah Tertunda
Bandara KAA Padat, Pemulangan Jemaah Tertunda
JEDDAH - Pemulangan jemaah haji Indonesia hari ini mengalami keterlambatan. Bukan itu saja, karena Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA), Jeddah, sangat padat, penerbangan jemaah ke Indonesia hanya dua kloter saja. Padahal, rencana pemulangan jemaah ke tanah air dari Ahad hingga Senin ada 12 kloter.

Kepadatan bandara bukan hanya karena menumpuknya jemaah asal Indonesia, namun pemulangan jemaah untuk negara-negara lain di manca negara juga mengalami hal serupa. Seperti jemaah dari Mesir, Pakistan, India, Malaysia, Brunei Darussalam, Iran, dan Sudan.

Kepada MCH, Petugas Daker Jeddah, Wahyu As mengatakan dua kloter yang baru bisa diterbangkan pada Ahad malam itu ialah kloter 1 Jakarta pada pukul 20.10 WAS, seharusnya diterbangkan pukul 14.46 WAS. Terjadi keterlambatan sekitar 5,5 jam. Begitu juga jemaah dari kloter 1 Batam, seharusnya lepas landas pukul 18.30 WAS, tapi mundur menjadi pukul 19.30 WAS.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, penundaan (delay) pesawat sulit diprediksi. "Delay ini sulit diprediksi. Ini kendala teknis, seperti kerusakan, juga pesawat pengangkut belum tiba karena penerbangan sangat padat. Lalu lintas udara di Jeddah sangat crowded," kata Menag.(gus/jpnn)

JEDDAH - Pemulangan jemaah haji Indonesia hari ini mengalami keterlambatan. Bukan itu saja, karena Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA), Jeddah,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News