Bandung Dihujani Abu Vulkanik, Bandara Ditutup

Bandung Dihujani Abu Vulkanik, Bandara Ditutup
Bandung Dihujani Abu Vulkanik, Bandara Ditutup

jpnn.com - BANDUNG - Dampak letusan Gunung Kelud yang berada di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tidak hanya berimbas ke daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jogjakarta, namun abu vulkanik mulai bertebaran di Kota Bandung dan sekitarnya, Jumat (14/2).

Kasi Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api, Wilayah Timur, Kristianto mengatakan, guyuran abu vulkanik erupsi Gunung Kelud tersebut sampai di Bandung karena terbawa oleh angin.

"Hanya bintik-bintik saja, laporan terakhir sampai ke Purwokerto, Kebumen bahkan ke wilayah Tasikmalaya dan Kota Bandung," ujarnya di kantor  Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Bandung.

Dia menambahkan, abu dari letusan Gunung Kelud menuju arah barat daya. Beberapa wilayah di sekitar letusan bahkan memiliki ketebalan di atas 10 sentimeter seperti di Batu, Malang, Jawa Timur.

Dia mengimbau kepada warga Bandung, terutama bagi wilayah yang terdampak abu, untuk mengenakan masker jika keluar ruangan. "Gunakan masker bagi warga Bandung, secara tidak langsung abu ini bisa membahayakan kesehatan," jelasnya.

Pantauan di lapangan abu vulkanik yang beterbangan ini tampak menempel di kendaraan yang terparkir. Seperti halnya terjadi di Jalan Diponegoro, Jalan RE Martadinata, Jalan Cisangkuy dan sejumlah titik lainnya. Meski demikian, abu tidak mengganggu aktivitas warga. Cuaca Bandung siang kemarin juga cukup cerah, meski beberapa wilayah sekitar nampak mendung.

PVMBG belum bisa memastikan sampai kapan abu vulkanik menyelimuti wilayah Bandung. Menurut dia itu tergantung kondisi erupsi Gunung Kelud dan arah angin yang berhembus.

Sementara, letusan Gunung Kelud yang terjadi pada Kamis (14/2) malam itu pun berdampak ditutupnya jadwal penerbangan sejumlah bandara nasional. Termasuk, Bandara Husein Sastranegara di Bandung yang terpaksa menutup semua jadwal penerbangan ke bandara tersebut.

BANDUNG - Dampak letusan Gunung Kelud yang berada di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tidak hanya berimbas ke daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jogjakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News