Debu Kelud Selimuti Jawa

Debu Kelud Selimuti Jawa
Debu Kelud Selimuti Jawa

jpnn.com - KEDIRI - Erupsi Gunung Kelud di Kediri memang tak banyak membawa korban jiwa. Namun dampaknya terasakan sejumlah wilayah di Jawa. Debu tebal menyelimuti segala penjuru kota. Tak jarang hal tersebut mengakibatkan banyak warga yang celaka.

Kemarin, Jawa Pos  mengamati secara langsung dampak letusan gunung setinggi 1.775 meter tersebut. Sejumlah kota yang berdekatan dengan Gunung Kelud harus merasakan akibat letusan gunung api itu. Mulai dari Sidoarjo, Surabaya, Mojokerto, Jombang. Yang paling terdampak akibat erupsi tersebut tentu wilayah Kediri, karena memang paling berdekatan.

Namun kedahsyatan letusan Kelud juga tak merepotkan warga yang tinggal di sekitar wilayah Kediri. Maklum saja, pasca letusan gunuung api itu, akses kendaraan umum juga makin sulit. Ratusan penumpang kendaraan umum terlihat keleleran di jalan.

Agak susah menuju Kediri dengan kendaraan umum kemarin. Hanya sedikit bus umum yang beroperasi. Padahal, biasanya, saban haari lebih dari 100 unit bus lalu lalang melayani penumpang yang menempuh perjalanan Surabaya-Kediri. Jawa Pos, sempat mencatat hingga pukul 10.00 hanya empat bus yang melayani perjalanan Surabaya-Kediri.

Debu Kelud juga banyak mengakibatkan warga di sejumlah kota celaka. Pengendara motor jatuh saat melintas di jalan raya adalah hal yang lazim terlihat. Maklum saja, pasir yang menyelimuti jalanan, kerap membikin kendaraan bermotor oleng, lalu terjungkal.

Kondisi beberapa kota menunjukkan ketebalan debu Kelud. Di Mojokerto, debu memang tidak begitu tebal. Namun, sebaran debu begitu merata. Di Jombang ketebalan pasir di jalanan mencapai 4 cm. Itu terlihat di wilayah alun-alun Jombang dan wilayah stasiun Jombang.

Kediri tentu paling terdampak erupsi. Masuk kota Kediri begitu sulit. Kendati sudah siang, jarak pandang kendaraan begitu pendek. Bahkan, tak sampai lima belas meter. Di wilayah itu mencari akses kendaraan umum juga sulit. Banyak toko-toko yang tutup. Pasir tebal menutup jalan raya. Akibatnya, jalan beraspal yang biasanya berwarna hitam, total menjadi putih. Sepintas, Kediri berubah menjadi gurun pasir.

"Di wilayah Kediri, teras rumah yang ambruk karena tak kuat menahan beban pasir sangat mudah didapati. Sejumlah warga banyak yang terlihat membersihkan pasir di atap rumah mereka.

KEDIRI - Erupsi Gunung Kelud di Kediri memang tak banyak membawa korban jiwa. Namun dampaknya terasakan sejumlah wilayah di Jawa. Debu tebal menyelimuti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News