Bang Ara Ajak Anak Muda Gelorakan Semangat Pancasila

Bang Ara Ajak Anak Muda Gelorakan Semangat Pancasila
Maruarar Sirait. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Taruna Merah Putih (TMP) berencana kembali menggelar Kirab Kebangsaan bertema “Muda, Merah-Putih, Pasti Keren” yang akan dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (9/4) mendatang.

“Kami melihat anak muda sekarang sudah luntur semangat Ke-Indonesiaannya. Karena itu, kami terpanggil untuk memompanya lagi. Agar Pancasila semakin mengakar dalam sanubari setiap anak-anak muda," ujar Ketua Pelaksana HUT TMP ke-9 Brando Susanto di Jakarta, Jumat (7/4).

Menurut Brando, anak muda penting menyadari, bahwa kebhinekaan itu merupakan ciri khas Indonesia yang harus tetap dipertahankan. Apalagi perbedaan tersebut telah menjadi ciri khas dan kekuatan Indonesia, yang disatukan dalam bingkai NKRI.

“Berbeda itu ya Indonesia, itu yang kami sampaikan.Walau pun berasal dari berbagai suku, agama, ras dan lainnya, kita tetap satu,” ucap Brando.

Kirab kebangsaan rencananya akan mulai digelar Pukul 07.00 WIB hingga 12.30 WIB. Para peserta nantinya akan berkeliling sejauh empat kilometer. Dimulai dari Jalan Pemuda Rawamangun (Halte Veledrome) dan berakhir di di GOR Remaja Veledrome, Rawamangun, Jakarta Timur.

Rencananya, kirab kebangsaan akan dihadiri oleh sejumah tokoh. Antara lain, Sekjen PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto, Ketua Umum TMP Maruarar Sirait, Direktur Eksekutif Wahid Institute Yenny Wahid dan Wali Kota Bandung yang juga tokoh muda Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Saya akan hadir (di Rawamangun) sama seperti acara serupa di daerah lainnya. Kita harus merawat dan menjaga kebhinekaan sampai ke akar rumput. Pancasila sebagai ideologi bangsa, harus hadir dan mampu menjawab persoalan mendasar di masyarakat," tutur Ketua Umum TMP Maruarar Sirait.

Sebelumnya, TMP diketahui juga pernah menggelar kirab kebangsaan di sejumlah tempat. Seperti Bogor, Bandung, Karawang, Semarang, Subang Magelang dan beberapa daerah lainnya.(gir/jpnn)


Taruna Merah Putih (TMP) berencana kembali menggelar Kirab Kebangsaan bertema “Muda, Merah-Putih, Pasti Keren” yang akan dipusatkan di


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News