Bang Johnny Terkaget-kaget Oknum Lembaga Peradilan Kena OTT

Bang Johnny Terkaget-kaget Oknum Lembaga Peradilan Kena OTT
KPK. Foto: pojoksatu

jpnn.com, JAKARTA - Operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) membuat kaget banyak kalangan.

Termasuklah membuat kaget Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Johnny Gerard Plate.

"Memang kami lagi terkaget-kaget ini kalau sampai terjadi OTT di ranah pengadilan," kata Johnny di gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/11).

Menurut Johnny, Mahkamah Agung (MA) harus serius memerhatikan bagaimana tata kelola pengadilan secara menyeluruh. "Ini mengejutkan, apalagi terjadi di Jakarta," tegasnya.

Anak buah Surya Paloh di Partai NasDem itu menegaskan, kalau sampai ada OTT dan diduga kasus diperjualbelikan di pengadilan, arah negara ini di bidang hukum menjadi rusak.

"Harus diperhatikan secara serius. Ini juga menggambarkan korupsi sangat masif di eksekutif, juga terjadi di legislatif dan sekarang terjadi di yudikatif. Jadi, masif sekali," ungkapnya.

Karena itu, Johnny menegaskan pencegahan korupsi harus dilakukan secara masif. Menurut dia, kalau pencegahan tidak dilakukan secara masif dan melalui lintas departemen, maka kasus korupsi akan muncul terus.

Dia mengatakan bahwa tindakan pencegahan korupsi tidak bisa dilakukan oleh KPK sendiri. Tindakan pencegahan korupsi harus menjadi titik penting.

Jika sampai ada OTT dan diduga kasus diperjualbelikan di pengadilan maka arah negara ini di bidang hukum menjadi rusak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News