Bangku Baru Mempercantik Stadion Gelora 10 November

Bangku Baru Mempercantik Stadion Gelora 10 November
Pekerja merapikan kursi yang baru dipasang. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Meski jarang digunakan, namun usaha untuk mempercantik Stadion Gelora 10 November terus dilakukan. Salah satunya adalah memasang bangku di tribun barat. Kesan kusam stadion dengan kapasitas 20 ribu penonton itu perlahan dihilangkan. Deretan kursi biru, hijau, dan kuning terang dipasang menggantikan beton yang keras dan membuat pantat pegal jika duduk berlama-lama di sana.

Pemkot menyediakan anggaran Rp 2 miliar untuk memasang 1.536 kursi lipat. Prioritas pemasangan kursi untuk tribun kelas VIP dan VVIP.

Kini pemasangan sudah rampung. Wajah stadion yang dibuka sejak 1951 itu jadi mulai menarik. "Biar lebih nyaman jika ada tamu yang datang," ujar Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Kristian Maharhandono.

Saat ini juga sedang dipersiapkan rencana pengembangan kawasan sekitar stadion. Kawasan itu ingin diubah menjadi tempat rekreasi olahraga. Artinya, fasilitas tidak untuk bersantai, tapi nyaman digunakan untuk aktivitas olahraga.

Iman mengatakan, akan ada jogging track yang mengelilingi lapangan. Juga, ada area panahan. Orientasi stadion sebagai arena sepak bola coba diubah agar lebih multifungsi. Aktivitas yang bisa dilakukan lebih beragam. "Ada juga sentra kuliner yang akan disediakan agar PKL di sana lebih tertata," imbuhnya.

Selama ini gerobak milik PKL diparkir sembarangan di sekeliling stadion. Itu membuat kumuh. Sebagian PKL yang berdagang baju bola buka saat malam saja. Di luar waktu itu gerobak ditinggal begitu saja. Yang juga jadi fokus perbaikan adalah tempat parkir dan perbaikan jalur pedestrian. "Fokus penataan masih pada lingkungan stadion dulu," katanya. (gal/c10/ayi)

Saat ini juga sedang dipersiapkan rencana pengembangan kawasan sekitar stadion. Kawasan itu ingin diubah menjadi tempat rekreasi olahraga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News