Banjir Bandang Merendam Rumah Warga, Puluhan Orang Mengungsi

Banjir Bandang Merendam Rumah Warga, Puluhan Orang Mengungsi
Sungai Cikole di Kecamatan Campakamulya, Cianjur, Jawa Barat meluap sehingga merendam belasan rumah warga, akibatnya puluhan kepala keluarga mengungsi, Selasa (1/2).ANTARA POTO. (Ahmad Fikri)

jpnn.com, CIANJUR - Banjir merendam 12 rumah warga di Cianjur, Jawa Barat, imbas meluapnya Sungai Cikole.

Puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi untuk menghindari banjir susulan.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun puluhan kepala keluarga terpaksa diungsikan ke tempat aman, karena ditakutkan banjir bandang kembali terjadi," kata Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo saat dihubungi, Selasa.

Dia menjelaskan sebagian besar warga sudah mengungsi saat air bah menggenangi perkampungan, setelah Relawan Tangguh Bencana (Retana) mengimbau warga waspada dan segera mengungsi karena air sungai terus meninggi akibat hujan dengan intensitas tinggi dan lebih dari dua jam.

Warga, lanjutnya, sudah berada di sejumlah tempat pengungsian ketika air bah setinggi 1 sampai 1,5 meter menggenangi perkampungan.

Bahkan, BPBD sudah mengirim petugas untuk melakukan pendataan dan membawa bantuan yang dibutuhkan pengungsi.

"Kami belum bisa memastikan sampai kapan air akan surut dan warga mengungsi, karena hujan kembali turun deras sejak siang hingga sore hari. Untuk antisipasi, kami masih meminta warga untuk bertahan di pengungsian, karena ditakutkan banjir susulan kembali terjadi," katanya.

Kapolsek Campaka Iptu Agus menjelaskan akibat banjir bandang membuat bangunan madrasah roboh tertimpa pohon yang tumbang tergerus air bah dan lebih dari dua hektare sawah terancam gagal panen, karena terendam banjir.

Puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi untuk menghindari banjir bandang susulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News