Banjir, Queensland jadi Danau

Terhebat di Australia Timur dalam Separo Abad Terakhir

Banjir, Queensland jadi Danau
EVAKUASI - Warga Chinchilla, Queensland, saat dievakuasi dari rumah-rumah mereka. Foto: Jeff Camden/AFP/Getty Images.
QUEENSLAND - Air bah meradang di Queensland. Hampir seluruh wilayah di timur laut Australia itu tergenang. Ribuan warga di puluhan kota harus dievakuasi akibat banjir terburuk selama setengah abad terakhir tersebut.

Sejumlah helikopter militer dikerahkan untuk membantu mengevakuasi ratusan warga yang terjebak oleh tinggi banjir. Hujan deras terjadi akibat badai tropis Tasha, yang melewati Negara Bagian Queensland pekan lalu. Sungai-sungai meluap dan menggenangi lahan pertanian serta rumah-rumah warga.

Dalam beberapa hari terakhir, curah hujan tinggi mencapai 27 sentimeter turun selama 24 jam di sejumlah wilayah, sejak Selasa (28/12). Banjir telah menutup sekitar 300 jalan di wilayah Queensland. Termasuk dua jalan tol utama di Ibu Kota Queensland, Brisbane.

Para peramal cuaca memperingatkan bahwa masalah belum berakhir. Karena sungai-sungai yang sedang meluap bisa membanjiri kota-kota lain dan wilayah pesisir dalam beberapa hari ke depan.

QUEENSLAND - Air bah meradang di Queensland. Hampir seluruh wilayah di timur laut Australia itu tergenang. Ribuan warga di puluhan kota harus dievakuasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News