Banjir Rendam 621 Rumah Warga

Ratusan Rumah dan Puluhan Kapal Rusak

Banjir Rendam 621 Rumah Warga
Banjir Rendam 621 Rumah Warga
JAKARTA – Bencana banjir mulai merambah sejumlah daerah. Kali ini banjir merendam Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara, yang berawal dari hujan deras yang mengguyur wilayah itu pada Selasa (25/9).

Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan, banjir hingga kedalaman hingga satu meter pada Rabu (26/9), itu telah menggenangi rumah-rumah penduduk. “Sebanyak 621 rumah rumah warga yang terendam banjir tersebut,” kata dia, Rabu (26/9).

Dijelaskan rumah-rumah warga yang terendam banjir itu, berada di Desa Pasar Terandam. Ini meliputi 300 kepala keluarga. Begitu juga di Desa Pasar Batu Gerigis, 52 KK rumahnya terendam banjir. Di Desa Kenari sebanyak 20 KK, Desa Kampung Mudik 17 KK dan Desa Aek Dakka 15 KK serta  Desa Padang Masing 217 KK.

“Banjir dipicu oleh meluapnya Sungai Aek Sirahar yang hulunya berada di Kabupaten Humbang Hasundutan,” kata Sutopo. Dijelaskan kembali, selain menggenangi rumah warga, 27 kapal berukuran kecil milik masyarakat hanyut terbawa air. “Banjir juga telah merusak bronjong Sungai Aek Sirahar dengan panjang sekitar 400 meter,” tegasnya.

JAKARTA – Bencana banjir mulai merambah sejumlah daerah. Kali ini banjir merendam Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News