Secara Etnografis, Papua Butuh Lima Provinsi

Secara Etnografis, Papua Butuh Lima Provinsi
Secara Etnografis, Papua Butuh Lima Provinsi
JAKARTA - Mantan Bupati Merauke, John Glube Gebze mengatakan idealnya Papua dijadikan lima provinsi. Dua provinsi yang kini terdapat di tanah Papua (Papua dan Papua Barat), menurut John Glube Gebze menjadikan masyarakat Papua semakin tertinggal.

"Dari sisi etnografis dan sosiologis, Papua hendaknya dijadikan lima provinsi. Dua provinsi yang kini ada ternyata tidak memberikan manfaat terhadap masyarakat setempat," kata John Glube Gebze, di press room DPR, Senayan Jakarta, Rabu (26/9).

Dari dua provinsi yang ada di Papua lanjutnya, pembangunan selama ini hanya di Jayapura sekitarnya atau daerah begian utara. Padahal daerah Selatan yang juga bagian dari Provinsi Papua boleh dikatakan tidak ada penambahan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat dan infrastruktur.

"Usulan yang sangat mendesak untuk diperhatikan secara khusus oleh DPR dan Pemerintah adalah membentuk Provinsi Papua Selatan. Secara prosedural, semua persyaratan sudah disampaikan kepada Gubernur Papua dan DPR RI," ungkap John Glube Gebze.

JAKARTA - Mantan Bupati Merauke, John Glube Gebze mengatakan idealnya Papua dijadikan lima provinsi. Dua provinsi yang kini terdapat di tanah Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News