Banjir Rendam Empat Desa di Malinau Utara

Banjir Rendam Empat Desa di Malinau Utara
Salah satu wilayah di Kecamatan Malinau Utara yang terendam banjir, Senin (12/1). Foto: Widayat/Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com - MALINAU - Empat desa di Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) direndam banjir, Senin (12/1). Empat desa itu, yakni Belayan, Putat, Salap, dan Seruyung.

"Air mulai besar itu jam satu malam. Warga kami sudah sibuk dan ribut menyelamatkan barang-barang yang di rumahnya masing-masing. Karena air sudah masuk ke sebagian rumah warga yang di pinggir sungai," kata Kepala Desa Putat, Lores Paliro kepada Radar Tarakan (Grup JPNN.com), Senin (12/1).

Kepala Desa Salap, Richard Kunum mengungkapkan, banjir yang melanda desanya kali ini yang terparah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, kata Richard, rumahnya yang dibangun dengan tiang panggung cukup tinggi tak luput dari terjangan banjir akibat luapan air sungai Simendurut.

"Tahun 1999 juga sempat banjir besar, tapi tidak separah ini," kata Richard.

Bupati Malinau Yansen TP langsung turun ke lokasi, siang tadi. Dia meminta kepala desa dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memperhatikan keperluan logistik warga yang terkena banjir. Bupati juga meminta personel TNI mensiagakan angotanya di empat desa tersebut.

"Yang perlu diantisipasi jika malam ini hujan deras kembali turun," kata Yansen.

Kepala BPBD Malinau, Elisa SE mengatakan, pihaknya sudah menempatkan tenaga Satgas bencana sebanyak 5 orang di 3 desa yang menjadi pusat banjir terparah sejak pukul 04.00 dini hari, Senin (12/1).(ida/jpnn)


MALINAU - Empat desa di Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) direndam banjir, Senin (12/1). Empat desa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News