Bank-Bank Besar Panen Likuiditas

Bank-Bank Besar Panen Likuiditas
Bank-Bank Besar Panen Likuiditas
JAKARTA - Kepercayaan masyarakat ke bank kecil mulai luruh. Hal itu menyebabkan alih dana dari bank kecil-menengah ke bank besar. Ini berpotensi makin menyulitkan bank-bank kecil.

"Dalam kondisi seperti ini, tidak mengherankan bank-bank besar mendapat pasokan likuiditas dari nasabah yang pindah dari bank kecil," kata Ekonom Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan kepada Jawa Pos.

Sementara menurut Chief Economist Bank BNI Tony Prasentiantono, faktor penjaminan berpengaruh, tetapi tidak mutlak. Sebab, meski penjaminan dari LPS sudah mencapai Rp 2 miliar, banyak nasabah dengan simpanan Rp 1-2 miliar yang resah dengan kondisi bank-bank kecil yang mulai kesulitan.

Mencuatnya kasus kalah kliringnya PT Bank Century Tbk hingga diambil alih pemerintah menjadi penebal dari kekhawatiran masyarakat. "Karena itu, sekali lagi, blanket guarantee harus diberlakukan," ujar Tony.

JAKARTA - Kepercayaan masyarakat ke bank kecil mulai luruh. Hal itu menyebabkan alih dana dari bank kecil-menengah ke bank besar. Ini berpotensi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News