Banser NU Gerak Cepat Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

Banser NU Gerak Cepat Bantu Korban Tsunami Selat Sunda
NU memberi bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda. Foto: NU - source for JPNN

jpnn.com, BANTEN - Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) ikut membantu penanganan dampak tsunami Selat Sunda yang menerjang Banten dan Lampung.

Anggota Banser NU bergerak cepat berjibaku di garda terdepan membantu evakuasi para korban, mendirikan posko bantuan, hingga distribusi makanan untuk para korban.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan, Nahdlatul Ulama (NU) dengan berbagai komponennya senantiasa bergerak cepat membantu masyarakat yang sedang tertimpa musibah, termasuk terkena bencana.

“Ratusan anggota Banser turun, baik di Banten maupun di Lampung. Kami membantu para korban, mengevakuasi korban, sembari terus berdoa agar Allah SWT memberi jalan terbaik untuk para korban dan keluarganya,” ujar Yaqut.

Banser NU, lanjut Yaqut, mempunyai satuan tugas (Satgas) atau sayap organisasi bernama Banser Siaga Bencana (Bagana). Di bawah satuan tugas ini, Banser memiliki komitmen tinggi untuk bersinergi dengan berbagai elemen lain dalam hal penanganan bencana.

Banser NU Gerak Cepat Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

“Para anggota Banser telah dilatih dengan standar tinggi untuk membantu korban bencana alam. Kami membantu menyisir dan mengevakuasi korban tsunami, sampai mendirikan posko untuk warga yang mengungsi dan mendistribusikan makanan,” kata Yaqut.

Bersama Tim NU Peduli Bencana yang digawangi Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim NU (LPBINU) dan Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah NU (LAZISNU), bantuan yang diberikan antara lain makanan sehat, pakaian layak, selimut, tenda, hingga perlengkapan bayi dan kebutuhan kaum perempuan.

Para anggota Banser NU telah dilatih dengan standar tinggi untuk membantu korban bencana alam seperti tsunami Selat Sunda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News