Bantu Penyintas Bencana NTT, Tanoto Gandeng IPSPI

Rabu, 16 Juni 2021 – 23:59 WIB
Bantu Penyintas Bencana NTT, Tanoto Gandeng IPSPI - JPNN.com
Penandatanganan kerja sama Tanoto dengan IPSPI. Foto Humas Tanoto

jpnn.com, JAKARTA - Tanoto Foundation sebagai organisasi filantropi independen melalui program Early Childhood Education and Development (ECED) menandatangani kerja sama dengan IPSPI (Independen Pekerja Sosial Profesional Indonesia).

Kerja sama tersebut dalam upaya pemberian layanan dukungan psikososial bagi penyintas bencana di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Khususnya di tiga wilayah terdampak bencana alam tanah longsor dan banjir bandang pada awal April 2021, yaitu Kupang, Flores Timur, dan Kabupaten Malaka. 

Eddy Henry, head of ECED Tanoto Foundation menyatakan, layanan dukungan psikososial (LDP) oleh pekerja sosial bagi para penyintas korban bencana alam di NTT sangat penting dilakukan.

Ini karena kemungkinan traumatis dan gangguan kondisi psikis akibat kehilangan sanak saudara dan harta benda. 

"Untuk itulah kami mengajak IPSPI sebagai wadah para pekerja sosial di Indonesia untuk bekerja sama," kata Eddy di Jakarta, Rabu (16/6).

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IPSPI merespon ajakan tersebut dengan menginisiasi program penyediaan LDP di Provinsi NTT, khususnya bagi komunitas yang terkena dampak bencana alam yang terjadi juga di tengah pandemi Covid-19.

Sejumlah bentuk layanan DPP IPSPI di antaranya adalah melakukan berbagai kajian, mengembangkan rencana respon, membentuk gugus tugas, mengembangkan modul dan pedoman pelaksanaan layanan, melakukan pelatihan, mengimplementasikan program; serta melakukan supervisi, bimbingan, dan pengawasan praktik.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...