Bantulah Orang Yang Sedang Cemas, Begini Caranya

Bantulah Orang Yang Sedang Cemas, Begini Caranya
Remaja. Foto: Pixabay

jpnn.com - BANYAK gejala yang menyebabkan orang cemas. Pemicunya bisa karena gangguan tekanan pascatrauma, kecemasan sosial, kepanikan dan masalah-masalah lain yang mungkin sering tidak teridentifikasi.

Masalah-masalah ini bisa bersifat ringan hingga berat dan sering kali sangat mencolok jika kecemasan yang dihadapi bersifat akut.

Jika Anda memiliki teman, anggota keluarga atau saudara yang menghadapi tekanan seperti ini, penting untuk memberikan dukungan dan tidak menghakiminya ketika sedang dilanda kecemasan atau menghadapi masa-masa krisis.

Berikut ini beberapa tips membantu orang yang mengalami kecemasan, seperti dilansir laman Healthline:

1. Work with their emotions

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa kegelisahan/kecemasan bukanlah suatu gangguan yang rasional.

Oleh karena itu, respons rasional kemungkinan besar tidak akan membantu, terutama pada saat seseorang yang mengalami gangguan kecemasan.

Sebagai gantinya, cobalah terlibat dengan emosinya. Terimalah bahwa mereka merasa memang sedang merasa cemas. Ingatkan mereka bahwa sementara mereka mungkin merasa tertekan, perasaan tersebut akan berlalu.

BANYAK gejala yang menyebabkan orang cemas. Pemicunya bisa karena gangguan tekanan pascatrauma, kecemasan sosial, kepanikan dan masalah-masalah lain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News