Banyak Banget TKI Yang Dideportasi, Ini Datanya

Banyak Banget TKI Yang Dideportasi, Ini Datanya
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - NUNUKAN – Pemerintah Malaysia kembali melakukan deportasi Warga Negara Indonesia (WNI) sebanyak 152 orang. Para deportan ini dipulangkan menggunakan Kapal Motor (KM) Purnama melalui Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Jumat (29/7).

WNI yang dipulangkan didominasi Buruh Migran Indonesia (BMI) ilegal yang bekerja di Sabah, Malaysia tanpa dilengkapi dengan dokumen resmi seperti paspor. Mereka terdiri dari 113 laki-laki, perempuan (36) dan anak-anak (3)

Ratusan BMI tersebut dideportasi dikarenakan telah menyelesaikan masa hukumannya di Pusat Tahanan Sementara (PTS) Imigration Detentior Centre Papar dan Manggatal, Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Deportan yang dipulangkan itu tersandung berbagai kasus. Seperti pelanggaran keimigrasian sebanyak 146 orang, narkotika (5) dan kriminal (1).

Kepala Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) pelabuhan Tunon Taka Nunukan Nasution mengatakan, selama Juli ini sudah terjadi sebanyak lima kali deportasi. “Pemulangan BMI dari tiga PTS yang ada di Sabah, Malaysia dengan jumlah yang tidak sedikit,” ujar Nasution kepada Radar Nunukan kemarin. (akz/eza/jos/jpnn)

Grafis

Angka deportasi selama Juli :

Tanggal                          Jumlah

NUNUKAN – Pemerintah Malaysia kembali melakukan deportasi Warga Negara Indonesia (WNI) sebanyak 152 orang. Para deportan ini dipulangkan menggunakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News