Banyak Donor Antre, Polri Gampang Cari Pengganti Australia

Banyak Donor Antre, Polri Gampang Cari Pengganti Australia
Banyak Donor Antre, Polri Gampang Cari Pengganti Australia

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai Polri tak akan rugi jika hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia benar-benar putus. Menurut Komisioner Kompolnas, Adrianus Meliala, banyak negara lain yang mau memberi bantuan kepada Polri.

"Saya kira Indonesia tidak akan kehabisan donor, negara-negara lain antri mau bantu Polri. Jadi Australia dapat dengan mudah diganti," kata  Adrianus kepada JPNN, Selasa (19/11).

Menurutnya, selama ini Kepolisian Federal Australia, AFP juga tidak menjadi mitra yang baik bagi Polri. Sebab, polisi di Negeri Kanguru itu kerap bertindak sewenang-wenang dan selalu ingin dominan dalam hubungan kerjasama.

Adrianus mencontohkan operasional pusat pelatihan gabungan Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation (JCLEC).  Adrianus menilai adanya dominasi Australia dalam menjalankan pusat pelatihan yang bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara aparat penegak hukum di kawasan Asia Tenggara itu.

"Padahal itu dijalankan oleh konsorsium. Tapi karena mereka merasa sebagai donor terbesar, mereka bercokol di sana," ujar kriminolog dari Universitas Indonesia ini.

Lebih lanjut Adrianus menilai Australia akan menjadi pihak yang paling dirugikan jika hubungan diplomatiknya dengan Indonesia berakhir. Karena itu, ia yakin dalam waktu dekat Australia akan meminta maaf kepada Indonesia.

"Pasti mereka takut, jadi saya yakin tidak lama lagi akan ada permintaan maaf," ucap Adrianus yakin. (dil/jpnn)

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai Polri tak akan rugi jika hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia benar-benar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News