Banyak Formasi CPNS 2018 Kosong, Pemerintah Siapkan 2 Opsi

Banyak Formasi CPNS 2018 Kosong, Pemerintah Siapkan 2 Opsi
Ilustrasi tes CPNS. Foto: radardepok

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan dua opsi untuk mengisi formasi CPNS 2018 yang kosong akibat banyak peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) yang gagal memenuhi passing grade.

Menurut Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja, opsi pertama adalah menurunkan passing grade. Yang kedua, perangkingan.

"Opsi mana yang dipilih, masih sementara digodok. Yang jelas kedua opsi ini tidak akan merugikan peserta CPNS yang sudah lulus seleksi kompetensi dasar (SKD)," kata Setiawan di kantornya, Senin (12/11).

Dia menjelaskan, dua.opsi tersebut diambil untuk menentukan siapa saja yang akan mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB). Bila mengikuti aturan 3x formasi, otomatis syarat tersebut tidak terpenuhi karena kelulusan SKD hanya 1-3 persen untuk instansi daerah.

Selain itu, pemerintah juga menjaga bagaimana agar anak-anak yang sudah lulus SKD tidak terganggu/dirugikan dengan adanya kebijakan baru nanti.

"Nantinya peserta yang sudah lulus dikunci datanya. Begitu kebijakan baru ada, yang disasar bukan lagi mereka," terang Setiawan.

Dia kembali menegaskan, dua opsi itu akan diambil salah satu agar tidak terjadi kekosongan formasi terutama di daerah. Mengingat kebutuhan PNS baru untuk pelayanan publik sudah mendesak.

"Formasi yang dibuka kan banyak (238.050). Kalau yang terisi kurang dari 10 persen, bisa mengganggu pelayakan publik," tandasnya. (esy/jpnn)

Banyak formasi CPNS 2018 yang kosong lantaran hanya sedikit pelamar CPNS yang gagal SKD, seleksi kompetensi dasar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News