Banyak Kepala Daerah Masuk Bui Karena Salah Tafsir Jabatan, Ini Solusi dari DPR

Banyak Kepala Daerah Masuk Bui Karena Salah Tafsir Jabatan, Ini Solusi dari DPR
Ilustrasi. Foto: Dok. JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Administrasi Negara (LAN) diminta memberikan diklat untuk kepala daerah terpilih pada pilkada serentak mendatang. 

"Ini penting agar tidak bertambah banyak kada (kepala daerah) yang jadi pesakitan lantaran kesalahan administrasi," seru Agung Widyantoro, anggota Komisi II DPR RI dalam rapat kerja dengan Kepala LAN, Senin (21/9).

Dia mengaku prihatin dengan banyaknya kepala daerah yang terjerat pidana karena tidak paham administrasi pemerintah. Pemahaman berbeda dari para pejabat ‎ikut memperkeruh suasana karena salah menafsirkan disposisi.

"Sering terjadinya salah tafsir dalam disposisi membuat bupati/walikota jadi pesakitan. Karena itu, bupati/wako baru harus memahami betul-betul mekanisme pengambilan keputusan/kebijakan sesuai administrasi pemerintahan," paparnya.

Agung pun meminta agar badan diklat di daerah lebih diperkuat, mengingat selama ini yang menempati Badan Diklat adalah orang-orang tidak kompeten.

"Bagaimana hasil diklatnya bagus kalau pengajarnya tidak sesuai kompetensi. Padahal dari Badan Diklat itu diharapkan menghasilkan calon pemimpin yang berkompetensi tinggi," tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Lembaga Administrasi Negara (LAN) diminta memberikan diklat untuk kepala daerah terpilih pada pilkada serentak mendatang.  "Ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News