Banyak Orang Memilih Meninggal di Rumah Daripada di Rumah Sakit, Kenapa?

Banyak Orang Memilih Meninggal di Rumah Daripada di Rumah Sakit, Kenapa?
Ilustrasi bocah meninggal dunia. Foto: Radar Bogor

jpnn.com, JAKARTA - Rumah sekarang menjadi tempat paling umum yang orang pilih untuk menghabiskan hari-hari terakhir kehidupan mereka, melampaui kematian di rumah sakit, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine.

Temuan ini mencerminkan tren akhir kehidupan yang telah berkembang sejak awal 2000-an. Dari tahun 2003 hingga tahun 2017, persentase orang yang meninggal di rumah meningkat dari 23,8 persen menjadi 30,7 persen.

Pada saat yang sama, kematian yang terjadi di rumah sakit turun dari 39,7 persen pada 2003, menjadi 29,8 persen pada 2017. Penelitian ini didasarkan pada analisis data sertifikat kematian federal dari kematian alami selama periode waktu itu.

"Flip-flop mungkin dikaitkan sebagian dengan pertumbuhan dalam perawatan rumah perawatan di rumah, yang dicakup oleh Medicare," kata rekan penulis studi, Dr Haider Warraich, associate director dari program gagal jantung di VA Boston Healthcare System, seperti dilansir laman NBC, Minggu (15/12).

Hospice menyediakan manajemen rasa sakit, bersama dengan dukungan emosional dan perawatan untuk pasien yang sakit parah yang mendekati akhir hidup mereka, serta keluarga mereka. Jumlah penerima Medicare yang dirawat di rumah sakit terus meningkat selama dekade terakhir.

National Hospice dan Paliative Care Organisation melaporkan ada 1,49 juta penerima seperti itu di tahun 2017, naik 4,5 persen dari tahun sebelumnya. "Tetapi, peningkatan kematian di rumah juga mencerminkan bahwa mungkin kita bisa menghormati keinginan lebih banyak orang dan membantu mereka meninggal di tempat yang paling akrab bagi mereka," kata Warraich, yang juga seorang ahli jantung di Rumah Sakit Wanita dan Brigham dan seorang instruktur di bidang kardiologi di Harvard Medical School.

Penelitian menemukan, sekarat di rumah kurang umum di antara pasien yang lebih muda. Itu mungkin karena dua alasan, orang muda dalam situasi yang mengancam jiwa lebih cenderung menjalani intervensi medis darurat di rumah sakit, dan asuransi selain Medicare mungkin tidak mencakup perawatan rumah sakit.

Minoritas ras juga kurang mungkin meninggal di rumah, mungkin karena kesenjangan akses perawatan kesehatan atau preferensi budaya. Perempuan juga memiliki peluang kematian rumah yang lebih rendah, karena mereka cenderung lebih mungkin untuk mengisi peran pengasuh daripada laki-laki.

Pertama kalinya dalam lebih dari setengah abad, jumlah orang yang meninggal di rumah melampaui kematian di rumah sakit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News