Banyak Pelamar CPNS Lulusan SMA Gagal Tahap Awal

Banyak Pelamar CPNS Lulusan SMA Gagal Tahap Awal
Peserta Tes CPNS Kemenkumham rela berpanasan menunggu giliran pemeriksaan berkas dan tinggi badan untuk SLTA, Selasa(12/09) di GOR Kotabaru. FOTO: M RIDWAN/JAMBI EKSPRES/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Banyak pelamar CPNS Kemenkumham lulusan SMA untuk mengisi formasi sipir dinyatakan gagal masuk ke tahap seleksi berikutnya.

Pasalnya, mereka yang gagal itu memiliki tinggi badan yang tidak memenuhi syarat minimal.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DI Yogyakarta Gunarso mengungkapkan, pelamar lulusan SMA sederajat yang lolos seleksi administrasi untuk formasi penjaga lapas alias sipir wajib mengikuti pengukuran tinggi badan dan seleksi berkas sebelum mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assissted Test (CAT).

"Begitu diukur tinggi badan, banyak yang nggak lolos. Bagi pria harus mempunyai tinggi badan minimal 160 cm, dan wanita minimal 155 cm," kata Gunarso seperti yang dikutip di laman kemenpan-RB, Jumat (15/9).

Dia menyebutkan, peserta wanita yang paling banyak gugur pada tahap ini. Sampai hari ketiga (13/9), tercatat 170 peserta wanita yang gagal dalam tahap pengukuran tinggi badan, sedangkan pria 41 orang.

Kanwil Kemenkumham DI Yogyakarta mencatat sebanyak 4.576 pelamar yang lolos seleksi administrasi formasi penjaga lapas di wilayah tersebut.

Sampai hari ketiga tahap pengukuran tinggi badan dan verifikasi berkas, terdapat 231 peserta yang tidak lolos.

Bagi peserta yang lolos pengukuran tinggi badan wajib melanjutkan ke tahap berikutnya yakni verifikasi berkas. Bagi yang tidak lolos gagal untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Peserta wanita pelamar CPNS kemenkumham formasi sipir yang paling banyak gagal mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News