Banyak Ternak Hangus

Warga Tolak Mengungsi

Banyak Ternak Hangus
Foto: M Syukron/Radar Jogja
SLEMAN - Status awas gunung Merapi telah memasuki hari ketiga pada Rabu kemarin (27/10). Puluhan korban meninggal terkena awan panas. Kendati

begitu, hingga kemarin, masih ada warga yang bersikukuh bertahan di rumah masing-masing.

Informasi yang masuk ke posko utama penanggulangan bencana Pakem menyebutkan, sedikitnya 3 kepala keluarga (KK) yang terdiri atas 15 orang ngotot tetap tinggal di kawasan Tlogoputri, Kaliurang.

Petugas Community Development Bethesda Edy Haryanto mengatakan, warga yang tetap bertahan adalah para pemilik warung di kawasan wisata Kaliurang. "Jarak dari puncak Merapi sekitar 8 kilometer. Tetapi, para pedagang tetap tak mau diungsikan," kata Edy kepada wartawan kemarin.

Menurut dia, saat Merapi meletus sekitar pukul 17.02 Selasa (26/10), mereka bertahan hidup dengan bersembunyi di warung masing-masing. "Kami dibantu tim SAR dan PMI telah berusaha membujuk mereka agar mau turun. Tetapi, tetap saja para pedagang itu menolak," lanjut Edy. Para pedagang itu, kata Edy, merasa tetap aman karena kondisi Merapi sudah reda setelah mengeluarkan awan panas dan lava pijar.

SLEMAN - Status awas gunung Merapi telah memasuki hari ketiga pada Rabu kemarin (27/10). Puluhan korban meninggal terkena awan panas. Kendati begitu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News