Sabtu, 17 Agustus 2019 – 17:40 WIB

Banyak Warga Miskin Belum Tersentuh KIS, KIP, PKH

Senin, 10 Oktober 2016 – 00:18 WIB
Banyak Warga Miskin Belum Tersentuh KIS, KIP, PKH - JPNN.COM

Warga memegang KIP, KIP, PKH. Foto: Padang Ekspres/JPNN.com

KOTOTANGAH – masih banyak masyarakat miskin yang  belum mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Program Keluarga Harapan (PKH). 

Penelurusan Padang Ekspres (Jawa Pos Group), tidak saja di perdesaan, di perkotaan pun program ini belum tersebar secara merata.

Emilis, 47, warga RT 02 RW 14 Kelurahan Pasia Nantigo, Kecamatan Kototangah, Padang, Sumbar, contohnya. Ia mengaku tidak pernah mendapatan kartu KIS, KIP dan PKH. 

“Sebelumnya pernah datang RT meminta KK (kartu keluarga, red) dan KTP, kata RT untuk pengurusan kartu KIS dan KIP. Tapi sampai sekarang belum ada,” ujarnya kepada Padang Ekspres, Minggu (9/10).

Dia mengaku tidak mengerti tentang KIS, KIP dan PKH. ”Pihak kelurahan atau RT tidak pernah mensosialisasikan kepada saya,” katanya.

Suami Emilis bekerja sebagai nelayan, penghasilannya tidak menentu dan tinggal di rumah kontrakan.  “Kalau tidak ada uang, makan apa adanya saja, kadang terpaksa berutang pada tetangga dulu,” katanya.

Emilis mempunyai anak dua orang. Si sulung sudah putus sekolah dan si bungsu masih di bangku kelas 6 SD.  “Anak saya keduanya perempuan, ” katanya.

Emilis sudah berusaha agar anaknya tidak putus sekolah, namun karena keterbatasan biaya ia tak berdaya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar