Bapepam LK: Tergantung Keputusan Masyarakat

Rencana Penjualan Saham Matahari

Bapepam LK: Tergantung Keputusan Masyarakat
Bapepam LK: Tergantung Keputusan Masyarakat
JAKARTA- Jadi tidaknya penjualan saham PT Matahari Departement Store (MDS) ternyata ditentukan juga oleh masyarakat yang memiliki saham publik mayoritas. Jika masyarakat menilai hasil penjualan saham ke anak usaha CVC Capital Partners, Meadow Asia Compani Limited (MAC) merugikan, transaksi tersebut bisa dibatalkan.

"Prinsipnya, Bapepam selalu melindungi masyarakat. Namun, Bapepam tidak bisa memutuskan apakah penjualan saham ini disetujui atau tidak. Yang memutuskan adalah RUPS dan masyarakat," jelas Kepala Bapepam-LK Ahmad Fuad Rahmany dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI, Senin (8/2).

Dalam pemilikan saham PT Matahari Putra Prima (MPP), masyarakat memiliki saham 43,5 persen. Sedangkan di MDS saham masyarakat sebanyak 2 persen. Sesuai aturan Bapepam, dalam penjualan saham MDS dikenakan aturan transaksi material dan afiliasi. Disebut material karena jumlah saham yang dijual sangat besar 90,76 persen. Sedangkan afiliasi karena bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.

“Itu sebabnya, disetujui tidaknya penjualan saham harus lewat RUPS di mana seluruh pemegang saham hadir termasuk masyarakat. Sementara untuk transaksi afiliasi, masyarakat sebagai satu-satunya penentu," terangnya.

JAKARTA- Jadi tidaknya penjualan saham PT Matahari Departement Store (MDS) ternyata ditentukan juga oleh masyarakat yang memiliki saham publik mayoritas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News