Baru Setahun Diresmikan, Rusunawa Puluhan Miliar Sudah Retak

Baru Setahun Diresmikan, Rusunawa Puluhan Miliar Sudah Retak
BERI BANTAHAN: Abdul Aziz saat menunjukkan keretakan di salah satu dinding Rusunawa Api-Api. Namun dia membantah kondisi tersebut karena akibat gempa Jumat (28/9) sore lalu.FOTO: BAMBANG/BONTANG POST/JPNN

jpnn.com, BONTANG - Kondisi Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Api-Api, Bontang, Kalimantan Timur, cukup memprihatinkan meski baru setahun diresmikan.

Dinding bangunan lima lantai itu retak di beberapa sisi. Padahal, dana yang dihabiskan untuk membangun rusunawa itu tidak sedikit, yakni mencapai Rp 32 miliar.

Beberapa penghuni maupun sebagian masyarakat yang mengetahui hal tersebut berasumsi keretakan pada dinding akibat getaran gempa, Jumat (28/9).

Namun, Abdul Aziz selaku pengelola sekaligus staf pemelihara sarana dan prasarana Rusunawa Api-Api Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertahanan (DPKPP) membantah anggapan itu.

Dia juga sempat memperlihatkan foto saat dirinya sedang melakukan pengecekan pada Jumat (28/9).

Dia menerangkan, keretakan tersebut terjadi karena ada proyek pemasangan pipa jaringan gas (jargas) yang mengharuskan untuk membobol sebagian dinding.

“Karena proses pembobolan (jargas) tidak rapi sehingga dampaknya dinding rusunawa mengalami keretakan,” ucap Abdul sebagaimana dilansir Prokal, Selasa (2/10).

Dia menambahkan, pada tahun ini ada biaya untuk perawatan. Hal itu berbeda dengan tahun lalu.

Kondisi Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Api-Api, Bontang, Kalimantan Timur, cukup memprihatinkan meski baru setahun diresmikan.d

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News