Baru Terjun ke Politik, Erick Thohir Sudah Lampaui Tokoh-tokoh Ini di Bursa Cawapres

Baru Terjun ke Politik, Erick Thohir Sudah Lampaui Tokoh-tokoh Ini di Bursa Cawapres
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto: PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir adalah pendatang baru yang mampu mengungguli para tokoh lama di bursa calon wakil presiden untuk Pemilu 2024.

Riset Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1 hingga 8 Juli 2023 menunjukkan menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini melesat ke peringkat pertama cawapres pilihan masyarakat.

Erick Thohir bertengger di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 21,2 persen sebagai cawapres dan mengungguli para tokoh lama yang sudah berada di peta perpolitikan Indonesia.

Para tokoh lama ini adalah Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Di belakang Erick Thohir, menguntit Ridwan Kamil dengan elektabilitas cawapres sebesar 19,6 persen. Sedangkan Sandiaga Uno dan AHY berada di posisi ketiga dan keempat dengan elektabilitas sebesar 17,5 serta 10,8 persen.

"Untuk pilihan wakil presiden secara individu, ini yang menarik pada Juli ini biasanya Erick Thohir tidak nomor satu kan dipilih masyarakat. Nah sekarang dalam survei LSI untuk pertama kalinya menduduki posisi pertama untuk pilihan calon wakil presiden versi masyarakat, diikuti oleh nama lama yaitu Ridwan Kamil,” terang Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Djayadi menjelaskan terdapat dua faktor utama yang menguatkan keterpilihan Erick Thohir di masyarakat dalam menatap bursa cawapres di Pilpres 2024.

Pertama, adalah adanya endorsement atau dukungan dari Presiden Jokowi kepada eks Presiden Inter Milan tersebut.

Kedua, adalah kerja nyata Erick Thohir di PSSI yang banyak menyita perhatian positif dari masyarakat. Bahkan, Djayadi mengatakan 80 persen masyarakat puas terhadap kinerja Erick Thohir di PSSI.

Mengingat, Erick Thohir berhasil mempersembahkan medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023 kemarin, mendatangkan peringkat 1 FIFA dan juara Piala Dunia 2022 Timnas Argentina ke Indonesia dan berhasil mengamankan posisi penyelenggara Piala Dunia U-17 pada bulan November hingga Desember mendatang.

"Erick Thohir sering disebut Pak Jokowi atau sering bersama Pak Jokowi. Maka endorsement Pak Jokowi itu diartikan cukup berpengaruh terhadap dukungan publik," ujar Djayadi.

"Sepak bola olahraga populer di Indonesia pendukung Jokowi sangat banyak penggemar sepak bola. Di survei kita juga 80 persen masyarakat puas kinerja Erick Thohir di PSSI," tandasnya. (dil/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Menteri BUMN Erick Thohir adalah pendatang baru yang mampu mengungguli para tokoh lama di bursa calon wakil presiden untuk Pemilu 2024.


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News