Basarnas Temukan Ping Locator Black Box Lion Air JT 610

Basarnas Temukan Ping Locator Black Box Lion Air JT 610
Ilustrasi Basarnas. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan SAR Nasional (BASARNAS) telah menemukan ping locator black box Pesawat Lion Air JT610. Kepala BASARNAS Marsekal Madya Muhammad Syaugi mengatakan, dirinya langsung mendengarkan kode ping itu bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Thajanto pada Rabu (31/10) sore.

"Kami menemukan ping locator. Jadi di black box itu ada ping yang bisa berbunyi. Kami berdua mendengarkan itu, tit, tit, tit. Suara itu terdengar," kata Syaugi di Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta Utara.

Syaugi melanjutkan, pihaknya sudah menurunkan penyelam untuk memeriksa sumber ping locator itu. Namun, penyelam mendapatkan kendala karena arus bawah laut cukup deras.

Selain itu, kapal juga tidak bisa menurunkan jangkar karena daerah tersebut banyak pipa milik Pertamina. BASARNAS juga sudah menurunkan robot pengamat pergerakan atau remotely operated vehicle (ROV), tetapi arus menerjangnya.

"Ternyata arusnya cukup deras, tidak mudah. Di laut itu cukup luas, walaupun koordinat tahu, begitu kami turunkan alat maupun penyelam, ini sangat mudah bergeser," kata Syaugi.

Meski begitu, Syaugi mengupayakan malam ini pihaknya bisa menemukan serta mengangkat black box tersebut. Syaugi memastikan, jika malam-malam sebelumnya penyelam tidak dikerahkan, tetapi pada malam ini mereka dioperasikan.

"Kami berharap itu segera bisa ditemukan, termasuk black box karena ping locater tadi sudah berbunyi. Cuma kami visual belum lihat," jelas dia.(tan/jpnn)


Di laut itu cukup luas, walaupun koordinat tahu, begitu kami turunkan alat maupun penyelam, ini sangat mudah bergeser.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News