Basis Pemilih PKB Banyak ke Prabowo Dibanding Anies, Pengamat: Sudah Telanjur Jatuh Hati

Basis Pemilih PKB Banyak ke Prabowo Dibanding Anies, Pengamat: Sudah Telanjur Jatuh Hati
Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Calon Presiden (Capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto mengungguli Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan di basis pemilih PKB, sebagaimana hasil survei Poltracking Indonesia periode 3-9 September 2023.

"Unggulnya Prabowo karena memang basis massa PKB sudah telanjur menjatuhkan hatinya kepada Prabowo," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN)  Gema Nusantara Bakry dalam keterangannya, Rabu (11/10).

Dalam survei Poltracking Indonesia, Prabowo mendapat 37 persen responden dari PKB yang mendukungnya di Pilpres 2024.

Anies yang sudah menggaet Ketum PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapres,  mendapat 25,9 persen dukungan dari basis partai koalisinya.

Jumlah tersebut bahkan kalah dari Capres PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo yang ada di posisi kedua dengan 35,2 persen.

Menurut Gema, hubungan Prabowo dengan pemilih PKB sudah terjalin saat Partai Gerindra dan PKB masih tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang sekarang menjadi Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Atas kebersamaan itu, banyak pemilih PKB yang sudah memantapkan pilihannya untuk mendukung Prabowo di Pilpres 2024 mendatang.

Oleh karena itu, meskipun elite partai PKB bergabung dengan KPP, tetapi basis pemilihnya tidak terafiliasi dengan partai.

Prabowo Subianto mengungguli Anies Baswedan di basis pemilih PKB, sebagaimana hasil survei Poltracking Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News