Batubara Lesu, 504 Pekerja Tambang Dirumahkan

Batubara Lesu, 504 Pekerja Tambang Dirumahkan
Batubara Lesu, 504 Pekerja Tambang Dirumahkan
TENGGARONG - Ratusan pekerja tambang baru bara di Kutai Kartanegara (Kukar) dirumahkan oleh manajemen perusahaan tempat mereka bekerja. Ini menyusul lesunya harga batubara yang berdampak menurunnya produksi emas hitam.

Sampai Kamis (30/8), sedikitnya ada 6 perusahaan melaporkan telah merumahkan karyawannya ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kukar. Hal tersebut dikemukakan Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industri dan Syarat Kerja, Disnakertrans Kukar, Panut mengatakan, hampir semua perusahaan tambang batubara dalam dua tiga bulan ini menurunkan produksinya.

Bahkan, ada yang memilih berhenti sementara operasi. “Kebanyakan perusahaan kecil saja yang merumahkan karyawannya. Kalau perusahaan besar tetap jalan, karena pembelinya sudah jelas,” terangnya.

Terbanyak perusahaan yang merumahkan pekerjanya adalah di Samboja, Loa Kulu, dan Sebulu. “Untuk di Samboja saja sebanyak 300 pekerja dari pihak kontraktor yang dirumahkan,” ujarnya.

TENGGARONG - Ratusan pekerja tambang baru bara di Kutai Kartanegara (Kukar) dirumahkan oleh manajemen perusahaan tempat mereka bekerja. Ini menyusul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News