Bawang Meroket, Bamsoet Minta Kemendag Genjot Operasi Pasar

Bawang Meroket, Bamsoet Minta Kemendag Genjot Operasi Pasar
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo memberi perhatian serius pada persoalan harga bawang yang membumbung tinggi. Politikus yang kondang disapa dengan panggilan Bamsoet itu meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) segera melakukan operasi pasar untuk meredam kenaikan harga komoditas pertanian untuk bumbu masakan itu.

Bamsoet mengatakan, pemerintah memang telah membuka keran impor bawang putih. “Tapi belum bisa menurunkan harga bawang putih di pasaran,” ujarnya melalui pesan singkat, Jumat (23/3).

Karena itu Bamsoet menegaskan, pemerintah harus melakukan upaya ekstra agar harga bawang tak meroket.“Agar Kemendag melakukan operasi pasar guna menurunkan harga bawang putih yang masih tinggi di pasaran,” tegasnya.

Selain itu, agar persoalan lonjakan harga bawang tak terus berulang maka pemerintah harus membenahi sektor hulunya. Menurut Bamsoet, sebaiknya Kementerian Pertanian juga membantu para petani bawang.

“Bantu petani dalam penyediaan bibit bawang putih yang unggul, agar kualitas panenannya baik dan terjaga,” cetusnya.

Politikus Partai Golkar itu mengusulkan ke Kementan untuk menggandeng kelompok tani bawang dalam rangka memperluas lahan pertanian.

Bamsoet menambahkan, perlu ada upaya untuk mengajak para petani yang sudah mengalihkan fungsi lahan mereka untuk kembali menanam bawang putih.

“Sekaligus mengimbau para petani untuk fokus membudidayakan bawang putih sebagai satu-satunya tanaman guna meningkatkan produksi nasional,” pungkasnya.(mam/JPC)


Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan, langkah pemerintah membuka keran impor bawang tak serta-merta efektif meredam harga bahan bumbu masakan itu.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News