Bawaslu Didesak Gandeng BPK untuk Audit KPU

Bawaslu Didesak Gandeng BPK untuk Audit KPU
Bawaslu Didesak Gandeng BPK untuk Audit KPU
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) didesak untuk segera melakukan audit investigasi atas hasil verifikasi faktual partai politik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Salah satu yang mendesak untuk diaudit adalah verifikasi faktual Kartu Tanda Anggota (KTA) parpol yang dinilai bertentangan dengan aturan dan rasa keadilan berdemokrasi.

"Kami menyarankan Bawaslu bekerjasama dengan DPR meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengaudit verifikasi faktual partai politik dan kinerja KPU," kata Ketua Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), Junisab Akbar, di Jakarta, Minggu (20/1).

Menurutnya, pentingnya BPK mengaudit KPU karena lembaga penyelenggara pemilu itu sepenuhnya dibiayai APBN. Selain itu, pentingnya keterlibatan DPR mendorong BPK mengaudit kinerja KPU juga untuk menepis anggapan bahwa sembilan parpol yang kini punya kursidi DPR tidak punya kepentingan dengan hasil verifikasi faktual itu.

Dikatakannya, berbagai masalah verifikasi parpol yang sudah dilaporkan ke Bawaslu hendaknya diteliti secara cermat . Dengan demikian, Bawaslu secara profesional bisa menerangkan kesalahan KPU.

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) didesak untuk segera melakukan audit investigasi atas hasil verifikasi faktual partai politik oleh Komisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News