Bawaslu Dinilai Tidak Tegas

Membiarkan KPU Langgar Aturan Mereka Sendiri

Bawaslu Dinilai Tidak Tegas
Bawaslu Dinilai Tidak Tegas
JAKARTA – Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) mengkritik sikap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang membiarkan pelanggaran aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) oleh lembaga itu sendiri. Oleh sebab itu, Direktur Eksekutif Lima Ray Rangkuti meminta Bawaslu segera memberikan peringatan keras ke KPU agar serius melaksanakan tahapan Pemilu 2009.

  ’’KPU terbukti tidak mampu melaksanakan tahapan pemilu berdasar aturan mereka sendiri,’’ kata Ray di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol.

  Berdasar temuan Bawaslu, KPU kerap terlambat memulai setiap tahapan yang telah mereka atur di Peraturan Nomor 9 Tahun 2008. Dalam hal pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), misalnya, seharusnya keduanya siap bekerja sejak awal Juni untuk membantu tahapan verifikasi parpol. ’’Faktanya, hanya beberapa daerah yang sudah terbentuk,’’ beber Ray.

  Pria dengan nama asli Achmad Fauzi itu menyatakan, KPU seharusnya telah menetapkan daerah pemilihan (dapil) pada 6 hingga 12 Juni 2008. Ironisnya, menjelang tahap verifikasi parpol sudah mendekati akhir saat ini, KPU belum juga menetapkan jumlah dapil serta jumlah kursi di tiap daerah. ’’Ketidaktepatan jadwal itu bukan hal sepele karena mengganggu tahap selanjutnya,’’ katanya.

  Ray menganggap hal itu terjadi karena ada pembiaran dari Bawaslu sebagai lembaga pengawas. Dalam hal ini, Bawaslu belum bisa melaksanakan fungsi pengawasan dengan optimal. Bawaslu baru sebatas melakukan pemantauan tanpa ada tindak lanjut.

  ’’Sangat tidak beralasan jika Bawaslu hanya memberikan sanksi kepada peserta pemilu, sementara penyelenggara malah luput dari pengawasan,” protes Ray.

  Kedatangan Ray bersama sejumlah pengurus Lima kemarin untuk menyampaikan temuannya terkait pelanggaran KPU kepada Bawaslu. Namun, seluruh anggota Bawaslu saat itu tidak ada di tempat. Mereka hanya diterima sejumlah staf Bawaslu saat menyampaikan temuan tersebut. (bay/mk)

JAKARTA – Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) mengkritik sikap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang membiarkan pelanggaran aturan Komisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News